SISTEMATIKA PROGRAM
pengawasan sekolah
Program
pengawasan tahunan seorang pengawas satuan pendidikan seyogyanya dituangkan
dalam bentuk dokumen yang lengkap. Sistematika program pengawasan tahunan dan
semester dapat disusun sesuai dengan contoh sistematika sebagai berikut.
1. Program Pengawasan Tahunan
Program kerja pengawasan sekolah tahunan dapat disusun dalam bentuk paper (makalah) dengan sistematika
penulisan dan isi pokok sebagai berikut.
Halaman Judul (Sampul)
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar
Isi
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
B.
Landasan
(Dasar Hukum)
C.
Visi,
Misi, dan Strategi Pengawasan
D.
Tujuan
dan Sasaran Pengawasan
E.
Ruang
Lingkup Pengawasan
BAB II IDENTIFIKASI HASIL PENGAWASAN DAN KEBIJAKAN
DALAM BIDANG PENDIDIKAN
A. Deskripsi Hasil Pengawasan
B. Masalah dalam Pengawasan
C.
Kebijakan
dalam Bidang Pendidikan
BAB III DESKRIPSI PROGRAM PENGAWASAN
A.
Program Penilaian
B.
Program Pembinaan
1.
Supervisi Akademik
2.
Supervisi Manajerial
C.
Program Pemantauan
BAB
IV PENUTUP
Isi atau uraian
sistematika di atas, adalah sebagai berikut:
Latar
belakang, berisi uraian tentang: (1) kondisi pendidikan yang diungkapkan dalam
indikator-indikator pencapaian mutu pendidikan di wilayah kerja Dinas
Pendidikan setempat; (2) harapan tentang peningkatan mutu pendidikan yang ingin
dicapai pada satu tahun berikutnya; serta (3) masalah-masalah yang mungkin
timbul dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang dapat dipecahkan melalui
kegiatan pengawasan sekolah.
Landasan
hukum, berisi uraian tentang Undang-undang, peraturan pemerintah pusat, serta
peraturan pemerintah daerah yang relevan sehingga dapat dijadian acuan
pelaksanaan kegiatan pengawasan sekolah.
Visi dan
misi, memuat rumusan tentang: (1) visi pengawasan yang merupakan penjabaran
visi Dinas Pendidikan setempat yang relevan dengan tugas pokok dan fungsi
pengawas sekolah; (2) misi pengawasan sebagai acuan pelaksanaan kegiatan
pengawasan; serta (3) strategi pengawasan yang akan diterapkan dalam
melaksanakan kegiatan pengawasan.
Tujuan, berisi
uraian tujuan dan sasaran spesifik yang ingin dicapai melalui kegiatan
pengawasan selama satu tahun. Tercapainya tujuan tersebut merupakan indikator
keterlaksanaan misi pengawasan dan ketercapaian visi pengawasan.
Ruang
lingkup, memuat uraian tentang lingkup kegiatan pengawasan yang dijadikan dasar
dalam menyusun program kerja pengawasan selama satu tahun. Ruang lingkup
pengawasan disusun dalam skala prioritas berdasarkan latar belakang yang telah
dikemukakan sebelumnya.
Deskripsi
hasil pengawasan berisi uraian tentang hasil yang telah dicapai dalam kegiatan
pengawasan tahun sebelumnya mencakup: (1) hasil penilaian, (2) hasil pembinaan,
dan (3) hasil pemantauan terhadap setiap komponen pendidikan pada semua sekolah
binaan. Deskripsi hasil pengawasan dinyatakan secara kuantitatif ataupun kualitatif
sesuai dengan sasaran program.
Permasalahan Berisi uraian tentang
sejumlah masalah atau kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengawasan
sekolah tahun sebelumnya meliputi masalah dan kendala dalam melaksanakan
penilaian, pembinaan, serta pemantauan. Masalah tersebut selanjutnya ditetapkan
sebagai aspek-aspek yang harus dipecahkan melalui kegiatan pengawasan pada
tahun berikutnya.
Kebijakan
dalam pengawasan, Berisi uraian tentang kebijakan-kebijakan di bidang
pendidikan baik itu yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat atau pemerintah
daerah yang relevan dengan kegiatan pengawasan sekolah. Uraian tersebut
merupakan hasil analisis terhadap landasan (dasar hukum) serta isu-isu
pendidikan yang berkembang baik di tingkat pusat ataupun di daerah.
Bab II, berisi tentang hasil
pengawasan periode sebelumnya, permasalahan yang mengemuka, serta
kebijakan-kebijakan yang relevan dengan pendidikan di wilayah binaan pengawas.
Bab III, berisi deskripsi program, yang
meliputi: penilaian, pembinaan atau supervisi baik dalam bidang akademik maupun
manajerial, dan program pemantauan.
2. Program Pengawasan Sementer
Program
pengawasan semester mencakup rincian teknis kegiatan yang akan dilakukan
pengawas sekolah pada setiap sekolah binaan. Kegiatan tersebut diarahkan untuk
meningkatkan kualitas input, proses,
dan hasil pendidikan pada setiap sekolah binaannya dalam jangka pendek (selama
satu semester). Untuk kepentingan praktis, program pengawasan semester dapat
disusun dalam bentuk matrik kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pengawas pada
setiap sekolah binaannya.
Substansi yang
dikembangkan dalam program pengawasan semester meliputi aspek-aspek sebagai
berikut.
1.
Identifikasi
masalah yang dihadapi oleh sekolah binaan serta upaya pemecahannya. Atas dasar
masalahan tersebut, ditetapkan tujuan spesifik kegiatan pengawasan yang
sejalan dengan visi dan misi sekolah binaan.
2.
Sasaran pengawasan yaitu komponen sistem pendidikan di
sekolah yang dianggap paling penting mendapatkan perhatian khusus berdasarkan
hasil pengawasan pada tahun sebelumnya serta hasil indentifikasi masalah yang
telah ditetapkan.
3.
Deskripsi kegiatan meliputi jenis kegiatan, metode
kerja/teknik yang akan digunakan, serta langkah-langkah pelaksanaan kegiatan pengawasan.
4.
Jadwal/waktu pelaksanaan kegiatan, dapat disusun dalam
format time schedule tersendiri untuk
semua sekolah binaan.
PROGRAM
PENGAWASAN SEMESTER
Sekolah :
..................................................................... Kepala sekolah :
..................................................................... Alamat :
..................................................................... |
Pengawas
sekolah : ........................................................ Tahun
Pelajaran :
........../.......... Semester :
Ganjil/Genap |
A. Visi dam Misi Sekolah Binaan
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
B. Identifikasi Masalah (yang
harus dipecahkan melalui kegiatan pengawasan sekolah)
1.
.................................................................................
2.
.................................................................................
dst.
C. Deskripsi Kegiatan
No. |
Tujuan |
Sasaran |
Indikator Keberhasilan |
Deskripsi Kegiatan (Metode keja/Teknik) |
Waktu |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
dst. |
|
|
|
|
|
JADWAL KEGIATAN
PENGAWASAN SEMESTER
Sekolah :
..................................................................... Kepala sekolah :
..................................................................... Alamat :
...................................................................... |
Pengawas
sekolah : ........................................................ Tahun
Pelajaran :
........../.......... Semester :
Ganjil/Genap |
No. |
Kegiatan |
Bulan / Minggu ke |
|||||||||||||||||||||||
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
Nopember |
Desember |
||||||||||||||||||||
I |
II |
III |
IV |
I |
II |
III |
IV |
I |
II |
III |
IV |
I |
II |
III |
IV |
I |
II |
III |
IV |
I |
II |
III |
IV |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PROGRAM KEPENGAWASAN |
|||||||||||||||||||||
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN/ |
|||||||||||||||||||||
TAHUN PELAJARAN : |
|||||||||||||||||||||
|
|
Nama Pengawas Sekolah : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
N I P : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
Pangkat/Ruang/Gol : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Jenis Pengawasan : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
Semester : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jadwal Kegiatan |
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
No |
Materi Kegiatan |
Teknik/Uraian Kegiatan |
Sasaran |
Juli |
Agustus |
September |
dst |
Keterangan |
|||||||||||||||||
|
|
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
|
|
|
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|||||
1 |
Menyusun program tahunan pengawas SMA se Kab./kota |
Mengadakan diskusi dengan sesama pengawas, menganalisis
laporan evaluasi hasil pengawasan yang lalu |
Tersusunnya program tahunan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Menyusun program semester 1 Tahun Pelajaran 2009/2010 merujuk
pada delapan standar nasional pendidikan |
Menentukan prioritas program kegiatan berdasarkan hari
efektif belajar/beban belajar (standar isi) |
Tersusunnya program semester yang komprehensif |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Membina kepala sekolah dalam penyusunan Rencana Pengembangan
Sekolah (RPS) dan Administrasi sekolah |
Memberi arahan pada kepala sekolah dalam penyusunan rencana
kerja sekolah sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah yang bersangkutan |
Tersusunnya Renstra dan Renop sekolah serta KTSP
semester ybs. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Memberikan contoh pelaksanaan tugas guru dalam mengajar
sesuai dengan standar proses dan IPKG |
Kunjungan kelas |
Terlaksana nya standar proses dan pelaksanaan
pembelajaran mengacu pada IPKG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Melaksanakan penilaian pengolahan dan analisis data hasil
belajar dan kemampuan guru (IPKG) |
observasi ke MGMP |
Sampel beberapa guru dari sekolah binaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Mengumpulkan dan mengolah data sumber daya pendidikan proses
belajar-mengajar/ di lingkungan sekolah yang berpengaruh terhadap hasil
belajar siswa |
Observasi |
Tersedianya data sumberdaya pendidikan, proses
belajar-mengajardan lingkungan Sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Melaksanakan analisis konprehensif hasil belajar/ bimbingan
siswa dengan cara memperhitungkan beberapa faktor sumber daya sekolah dan
kemampuan guru . |
Studi dokumen |
Termasuk data hasil belajar/ bimbingan siswa untuk SMA Negeri
dan swasta-swasta di Kab. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Melaksanakan pembinaan guru dan tenaga lainnya di Sekolah
tentang pelaksanaan PBM . |
Kunjungan kelas |
Kompetensi guru meningkat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Mebimbing guru dalam menyusun Silabus dan RPP (Standar Proses) |
Kunjungan kelas |
Kompetensi dan kesadaran guru yang dalam menyusun silabus dan
melaksanakannya meningkat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
Memberikan saran kepada kepala sekolah /MKKS, Dinas
Pendidikan, LPMP, PPPPTK, LPTK terkait untuk meningkatakan kemampuan
profesional guru melalui kegiatan PTK |
Merumuskan saran-saran berdasarkan hasil observasi kelas/
supervise klinis |
Adanya paradigma baru dalam upaya peningkatan kualitas
pembelajaran melalui PTK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
Membina pelaksanaan dan pemeliharaan lingkungan Sekolah (Standar Sarana Prasarana) |
Mengarahkan tentang fungsi dan peran lingkungan dan sarana
prasarana sekolah. |
Lingkungan nyaman, indah, dan tenang untuk belajar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
Menyusun laporan hasil pengawasan Sekolah per Sekolah |
menganalisis daftar isian dan catatan hasil pengawasan
masing-masing sekolah |
Tersusunnya laporan hasil pengawas Sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13 |
Sosialisasi & pembinaan pelaksanaan delapan standar
nasional pendidikan |
Rapat dengan K3S |
Pelaksanaan delapan standar nasional berjalan sesuai dengan
target-target dan program masing-masing sekolah. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
Pemantauan Pelaksanaan Standar Proses |
Diskusi dengan kelompok guru rumpun MIPA |
Pelaksanaan pembelajaran sesuai silabus dan RPP berjalan
efektif. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15 |
Memantau dan membimbing dan program tindak lanjut pelaksanaan
UN dan |
Monitoring |
Pelaksanaan oleh sekolah sesuai dengan SOP & program
tindak lanjut. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16 |
Memberikan saran penyelesaian kasus khusus di sekolah |
Diskusi |
Mengatasi yang bermasalah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17 |
Memberikan bahan penilaian dalam rangka akreditasi sekolah
yang disesuaikan dengan Delapan Standar Nasional |
Monitoring |
Sekolah yang ditunjuk untuk akreditasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18 |
Melaksanakan evaluasi hasil pengawasan per mata pelajaran
dari seluruh Sekolah |
Menyusun dan menganalisis catatan hasil pengawasan mata
pelajaran |
Tersusunnya laporan hasil pengawasan per mata pelajaran dari
seluruh sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PROGRAM TAHUNAN PENGAWAS SEKOLAH |
|
|
|
Nama Pengawas : |
|
NIP : |
|
Pangkat Gol/Ruang : |
|
Jenis Pengawasan : |
|
Semester/Tahun Pelajaran : |
|
|
|
|
|
Jadwal Kegiatan |
Ket |
||||||||||||||||||||||||||||||
No |
Materi Kegiatan |
Sasaran |
Target yang Diharapkan |
Jul-09 |
Agust-09 |
Sep-09 |
Okt-09 |
Nop-09 |
Des-09 |
|
|||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
|||||||||||||||||||||||||
1 |
Menyu-sun prog ram Tahunan 2010 |
Mengadakan diskusi dengan sesama pengawas, menganalisis
laporan evaluasi hasil pengawasan tahun lalu |
Tersusunnya program tahunan tahun ajaran 2009-2010 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Monitoring dan Pembinaan Siswa Baru |
Pedoman Penerimaan Siswa Baru |
Tersusunnya program semester yang komprehensif |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Supervisi profil Sekolah awal tahun ajaran dalam tugas pengawas
pembina |
Mengetahu secara objektif kondisi akademik dan non akademik
awal tahun peajaran disekolah binaan (entry behaviour) |
Dapat diketahui kondisi awal setiap sekolah untuk menentukan
strategi pelaksaan pembinaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Supervisi rapat ker ja kegiatan awal tahun dalam penyusunan
RPS Silabus KTSP dan RAPBS |
Pembagian tugas guru mata pelajaran konsolidasi program
sekolah |
Tersusunnya RPS, RAPBS dan KTSP tepat waktu. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Melaksanakan penilaian, pe ngolahan dan analisis data hasil
belajar dan kemam puan guru |
Kunjungan, observasi ke MGMP sekolah dan Kabupaten |
Kelas 1 SLTP Negeri/ swasta di Kab. ….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Mengumpulkan dan mengolah data sumber daya pendidikan/ PBM di
lingkungan sekolah yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa |
Observasi |
Tersedianya data sumberdaya pendidikan, proses
belajar-mengajar dan lingkung an Sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Melaksanakan analisis konprehensif hasil
bela jar/ bim bingan siswa de ngan cara memperhitung |
Studi dokumen, menganalisis data hasil belajar/ bimbingan
siswa.Mengolah dan menyimpulkan |
Termasuk data hasil belajar/ bim bingan siswa untuk SLTP
Negeri dan swasta-swasta di Kab. ……. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Melaksanakan pembinaan guru dan tena ga lainnya di Sekolah
tentang pelaksanaan KBM . |
Kunjungan kelas |
Kompetensi guru meningkat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Memberikan contoh pelaksanaan tugas guru dalam mengajar (CTL) |
Kunjungan kelas |
Kompetensi dan kesadaran guru yang lebih meningkat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
Memberikan saran kepada lemba ga terkait untuk meningkatkan
kemampuan profesional guru |
Merumuskan saran-saran berdasarkan hasil pengawasan |
Adanya paradigma baru dalam upaya peningkatan mutu pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
membina pelaksanaan dan pemeliharaan lingkungan Sekolah |
Mengarahkan tentang fungsi dan peran lingkungan dan saran |
Lingkungan nyaman, indah, dan tenang untuk belajar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
Menyusun laporan hasil pengawasan Sekolah per Sekolah |
menganalisis daftar isian dan catatan hasil pengawasan
masing-masing sekolah |
Tersusunnya laporan hasil pengawas Sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13 |
Melaksanakan evaluasi hasil pengawasan seluruh sekolah |
Menganalisis daftar isian dan catatan hasil pengawasan
seluruh Sekolah |
Tersusunnya sebuah laporan evaluasi pengawasan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
Pembinaan pelaksanaan Sekolah |
Rapat K3S monitoring manajemen Sekolah |
Manajemen sekolah lebih baik lagi (Pelaksanaan MBS) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15 |
Memantau dan membimbing pelaksanaan PSB |
Monitoring/ supervisi |
Penerimaan siswa baru sesuai aturan/ kena sasaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16 |
Memantau dan membimbing pe laksana anUN/US |
Monitoring |
Aman tertib tercapai target yang di tentukan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17 |
Memberikan saran penyelesaian kasus khusus di sekolah |
Diskusi |
Mengatasi yang bermasalah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18 |
Memberikan bahan penilaian dalam rangka akreditasi sekolah |
Monitoring |
Sekolah yang ditunjuk untuk akreditasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19 |
Melaksanakan evaluasi hasil pengawasan per mata pelajaran
dari seluruh sekolah |
Menyusun dan menganalisis catatan hasil pengawasan rumpun
mata pelajaran |
Tersusunnya laporan hasil pengawasan per mata pelajaran dari
seluruh sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PROGRAM KERJA KEPENGAWASAN
SMP/SMA/RUMPUN/MAPEL
Kompetensi Akedemik Pengawas SMP/SMA* |
Sasaran/ Tujuan Supervisi |
Kegiatan yang Dilakukan
(memantau/menilai/membina/membimbing/mengawasi) |
Metode/Teknik Supervisi |
Indikator Keberhasilan |
Memahami konsep,
prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap
mapel dlm rumpun mapel yg relevan di sekolah menengah yg sejenis |
Membantu guru dlm
meningkatkan kualitas penguasaan materi pembelajaran sesuai mapel yg diampu |
1. Membimbing guru dlm menentukan materi
pembelajaran 2. Membimbing penguasaan guru dlm penguasaan
konsep, prinsip, karakteristik materi pembelajaran |
Pengamatan dan
wawancara thd penguasaan materi pembelajaran guru. |
1. Tingginya penguasaan materi pembelajaran
guru 2. Tingginya kemampuan guru dlm menentukan
gradasi materi pembel |
Memahami konsep,
prinsip, teori/ teknologi, karakteristik, kecenderungan perkembangan proses
pembelajaran/ bimbingan tiap mapel dlm rumpun mapel yang relevan di sekolah menengah
yang sejenis. |
Membantu guru dlm
meningkatkan kualitas proses pembelajaran sesuai mapel yg diampu |
1.
Memantau guru saat mengajar di kelas 2.
Menilai guru saat mengajar di kelas 3. Membina/membimbing
pengelolaan kelas guru berdasarkanhasil pengamatan saat mengajar di kelas |
Pengamatan perilaku
guru saat mengajar dengan instrumen Sup KBM. |
1.
Tingginya aktivitas belajar siswa 2.
Semakin tingginya kualitas proses pembelajaran guru di
kelas |
Membimbing guru dlm
menyusun silabus tiap mapel dalam rumpun mapel yg relevan di sekolah menengah
yang sejenis berlandaskan standar isi, standar kompetensi, dan kompetensi
dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP |
Membantu guru dlm menyusun
silabus sesuai mapel yg diampu |
1. Membimbing guru dlm pemetaan SK/KD 2. Membimbing guru dlm pemetaan pembelajaran
terpadu mapel IPA, IPS 3. Membimbing guru dlm mengembangkan indikator 4. Membimbing guru dalam pengembangan silabus |
1. Pengamatan perilaku guru saat menyusun
silabus 2. Wawancara dg guru saat saat menyusun silabus |
1. Tingginya kemampuan guru dlm memetakan
SK,KD, memadukan mapel IPA,IPS 2. Tingginya kualitas silabus hasil penyusunan
guru |
Membimbing guru dlm
memilih dan menggunakan strategi/metode/teknik pembelajaran/bimbingan yang
dpt mengembangkan berbagai potensi siswa melalui mapel dlm rumpun mata
pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis. |
Membantu guru dlm
meningkatkan kualitas pemilihan dan penggunaan strategi/metode/teknik
pembelajaran |
1. Memantau guru dlm proses pembelajaran di
kelas 2. Membimbing guru dlmmemilih
strategi/metode/teknik pembelajaran 3. Membimbing guru dlm menggunakan
strategi/metode/teknik scr tepat dlm proses pembelajara |
1.
Wawancara & tanya jawab dg guru ketika memilih
strategi/metode /teknik pembelajaran 2.
Pengamatan terhadap guru dlm PBM di kelas |
1.
Terampilnya guru dlm memilih strategi/metode/ teknik
pembelajaran 2.
Terampilnya guru dlm menggunakan strategi/metode/teknik
pembelajaran |
Membimbing guru dlm
menyusun RPP untuk tiap mapel dalam rumpun mapel yg relevan di sekolah
menengah yang sejenis |
Membantu guru dlm
menyusun RPP sesuai mapel yg diampu |
1. Membimbing guru dlm perumusan tujuan 2. Membimbing guru dlm penyusunan kegiatan
pembelajaran (awal, inti, akhir) 3. Membimbing guru dlm penyusunan soal
evaluasi 4. Membimbing guru dlm pengembangan RPP |
Pengamatan & wawancara dg guru ketika
menyusun silabus |
Terampilnya guru dlm merumuskan tujuan, menyusun soal
evaluasi, dan menyusun silabus scr keseluruhan |
Membimbing guru dlm
melaksanakan pembelajaran/bimbingan (di kelas, lab, atau lapangan) untuk tiap
mapel dlm rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang
sejenis. |
Membantu guru dlm
pengelolaan kelas (di kelas, lab,/ lapangan) saat melaksanakan pembelajaran |
1. Memantau/menilai/
membina/membimbing guru dlm mengelola kelas 2. Memantau/menilai/ membina/membimbing guru
dlm mengunakaan sarana pembelajaran 3. Membimbing guru dlmp mengelola administrasi
sarana pembelajaran (lab, perpus, ruang kelas, lapangan) |
Pengamatan dan
wawancara dg guru dlm hal penggunaan dan pengadministrasian sara pembelajaran |
Tingginya kualitas guru dlm
penggunaan dan pengadministrasian sara pembelajaran |
Membimbing guru
dlm mengelola, merawat, mengembangkan, dan menggunakan media pendidikan dan
fasilitas pembelajaran/bimbingan tiap mapel dlm rumpun mata pelajaran yang relevan di
sekolah menengah yang sejenis. |
Membantu guru dlm
mengelola, merawat, mengembangkan, dan menggunakan media pendidikan, serta
fasilitas pembelajaran |
1. Memantau, dan membimbing guru dlm
pengelolaan pengembangan dan penggunaan media pendidikan, dan fasilitas
pembelajaran |
Pengamatan dan
wawancara dg guru dlm hal pengelolaan pengembangan, penggunaan media, dan
fasilitas pembelajaran |
Tingginya kualitas guru dlm mengelola, mengembangkan,
menggunakan media, dan fasilitas pembelajaran |
Memotivasi guru
untuk memanfaatkan TIK dlm pembelajaran/bimbingan tiap mapel dlm rumpun mata
pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis. |
Membantu guru dalam
memanfaatkan TIK dlm pembelajaran |
1. Memantau dan menilai kemampuan guru dlm
pemakaian TIK saat pembelajaran. 2. Membimbing guru dlm pemanfaatan TIK dlm
proses pembelajaran |
Pengamatan,
wawancara dan pelatihan guru dlm memanfaatkan TIK dlm pembelajaran |
Tingginya kualitas guru memanfaatkan TK dlm
pembelajaran |
PROGRAM KERJA KEPENGAWASAN
SMP/SMA/RUMPUN/MAPEL
Kompetensi Akedemik Pengawas SMP/SMA* |
Sasaran/ Tujuan Supervisi |
Kegiatan yang
Dilakukan
(memantau/menilai/membina/membimbing/mengawasi) |
Metode/Teknik Supervisi |
Indikator Keberhasilan |
Memahami konsep,
prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap
mapel dlm rumpun mapel yg relevan di sekolah menengah yg sejenis |
Membantu guru dlm
meningkatkan kualitas penguasaan materi pembelajaran sesuai mapel yg diampu |
1. Membimbing guru dlm menentukan materi
pembelajaran 2. Membimbing penguasaan guru dlm penguasaan
konsep, prinsip, karakteristik materi pembelajaran |
1. Pengamatan dan wawancara thd penguasaan
materi pembelajaran guru. |
1. Tingginya penguasaan materi pembelajaran
guru 2. Tingginya kemampuan guru dlm menentukan
gradasi materi pembel |
Memahami konsep,
prinsip, teori/ teknologi, karakteristik, kecenderungan perkembangan proses
pembelajaran/ bimbingan tiap mapel dlm rumpun mapel yang relevan di sekolah
menengah yang sejenis. |
Membantu guru dlm
meningkatkan kualitas proses pembelajaran sesuai mapel yg diampu |
1.
Memantau guru saat mengajar di kelas 2.
Menilai guru saat mengajar di kelas 3. Membina/membimbing
pengelolaan kelas guru berdasarkanhasil pengamatan saat mengajar di kelas |
1.
Pengamatan perilaku guru saat mengajar dengan instrumen
Sup KBM. |
1.
Tingginya aktivitas belajar siswa 2.
Semakin tingginya kualitas proses pembelajaran guru di
kelas |
Membimbing guru dlm
menyusun silabus tiap mapel dalam rumpun mapel yg relevan di sekolah menengah
yang sejenis berlandaskan standar isi, standar kompetensi, dan kompetensi
dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP |
Membantu guru dlm
menyusun silabus sesuai mapel yg diampu |
1. Membimbing guru dlm pemetaan SK/KD 2. Membimbing guru dlm pemetaan pembelajaran
terpadu mapel IPA, IPS 3. Membimbing guru dlm mengembangkan indikator 4. Membimbing guru dalam pengembangan silabus |
1. Pengamatan perilaku guru saat menyusun
silabus 2. Wawancara dg guru saat saat menyusun
silabus |
1. Tingginya kemampuan guru dlm memetakan
SK,KD, memadukan mapel IPA,IPS 2. Tingginya kualitas silabus hasil penyusunan
guru |
Membimbing guru dlm
memilih dan menggunakan strategi/metode/teknik pembelajaran/bimbingan yang
dpt mengembangkan berbagai potensi siswa melalui mapel dlm rumpun mata
pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis. |
Membantu guru dlm
meningkatkan kualitas pemilihan dan penggunaan strategi/metode/teknik
pembelajaran |
1. Memantau guru dlm proses pembelajaran di
kelas 2. Membimbing guru dlmmemilih
strategi/metode/teknik pembelajaran 3. Membimbing guru dlm menggunakan
strategi/metode/teknik scr tepat dlm proses pembelajara |
1.
Wawancara & tanya jawab dg guru ketika memilih
strategi/metode /teknik pembelajaran 2.
Pengamatan terhadap guru dlm PBM di kelas |
1.
Terampilnya guru dlm memilih strategi/metode/ teknik
pembelajaran 2.
Terampilnya guru dlm menggunakan strategi/metode/teknik
pembelajaran |
Membimbing guru dlm
menyusun RPP untuk tiap mapel dalam rumpun mapel yg relevan di sekolah
menengah yang sejenis |
Membantu guru dlm
menyusun RPP sesuai mapel yg diampu |
1. Membimbing
guru dlm perumusan tujuan 2. Membimbing guru dlm penyusunan kegiatan
pembelajaran (awal, inti, akhir) 3. Membimbing guru dlm penyusunan soal
evaluasi 4. Membimbing guru dlm pengembangan RPP |
Pengamatan & wawancara dg guru ketika
menyusun silabus |
Terampilnya guru dlm merumuskan tujuan,
menyusun soal evaluasi, dan menyusun silabus scr keseluruhan |
Membimbing guru dlm
melaksanakan pembelajaran/bimbingan (di kelas, lab, atau lapangan) untuk tiap
mapel dlm rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang
sejenis. |
Membantu guru dlm
pengelolaan kelas (di kelas, lab,/ lapangan) saat melaksanakan pembelajaran |
1. Memantau/menilai/ membina/ membimbing guru
dlm mengelola kelas 2. Memantau/menilai/ membina/ membimbing guru
dlm mengunakaan sarana pembelajaran 3. Membimbing guru dlmp mengelola administrasi
sarana pembelajaran (lab, perpus, ruang kelas, lapangan) |
Pengamatan dan
wawancara dg guru dlm hal penggunaan dan pengadministrasian sara pembelajaran |
Tingginya
kualitas guru dlm penggunaan dan pengadministrasian sara pembelajaran |
Membimbing guru
dlm mengelola, merawat, mengembangkan, dan menggunakan media pendidikan dan
fasilitas pembelajaran/bimbingan tiap mapel dlm rumpun mata pelajaran yang
relevan di sekolah menengah yang sejenis. |
Membantu guru dlm
mengelola, merawat, mengembangkan, dan menggunakan media pendidikan, serta
fasilitas pembelajaran |
1. Memantau, dan membimbing guru dlm
pengelolaan pengembangan dan penggunaan media pendidikan, dan fasilitas
pembelajaran |
Pengamatan dan
wawancara dg guru dlm hal pengelolaan pengembangan, penggunaan media, dan
fasilitas pembelajaran |
Tingginya kualitas
guru dlm mengelola, mengembangkan, menggunakan media, dan fasilitas
pembelajaran |
Memotivasi guru
untuk memanfaatkan TIK dlm pembelajaran/bimbingan tiap mapel dlm rumpun mata
pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis. |
Membantu guru dalam
memanfaatkan TIK dlm pembelajaran |
1. Memantau dan menilai kemampuan guru dlm
pemakaian TIK saat pembelajaran. 2. Membimbing guru dlm pemanfaatan TIK dlm
proses pembelajaran |
Pengamatan,
wawancara dan pelatihan guru dlm memanfaatkan TIK dlm pembelajaran |
Tingginya kualitas
guru memanfaatkan TK dlm pembelajaran |
Matriks Format Program Kepengawasan
No |
Program dan
Rincian Tugas |
Sasaran/ Tujuan Supervisi |
Kegiatan yang
dilakukan |
Hasil yang Akan
Diperoleh |
Metode/ Teknik Supervisi |
Indikator
Keberhasilan |
Jadwal Kerja |
A |
Supervisi manajerial |
|
|
|
|
|
|
1. Pembinaan
standar pengelolaan: Penyusunan Rencana pengembangan Sekolah, dst. |
|
|
|
|
|
|
|
2. dst |
|
|
|
|
|
|
|
B |
Supervisi Akademik |
|
|
|
|
|
|
1. Pembinaan standar proses:
penyusunan dan pengembangan silabus, RPP, KKM dst |
|
|
|
|
|
|
|
2. dst |
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar