Sistematika Program Pengawas Sekolah


 

SISTEMATIKA PROGRAM pengawasan sekolah

 

Program pengawasan tahunan seorang pengawas satuan pendidikan seyogyanya dituangkan dalam bentuk dokumen yang lengkap. Sistematika program pengawasan tahunan dan semester dapat disusun sesuai dengan contoh sistematika sebagai berikut.

1.    Program Pengawasan Tahunan

Program kerja pengawasan sekolah tahunan dapat disusun dalam bentuk paper (makalah) dengan sistematika penulisan dan isi pokok sebagai berikut.

Halaman Judul (Sampul)

Halaman Pengesahan

Kata Pengantar

Daftar Isi

 BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar belakang

B.     Landasan (Dasar Hukum)

C.     Visi, Misi, dan Strategi Pengawasan

D.    Tujuan dan Sasaran Pengawasan

E.     Ruang Lingkup Pengawasan

BAB II IDENTIFIKASI HASIL PENGAWASAN DAN KEBIJAKAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN

A.    Deskripsi Hasil Pengawasan

B.     Masalah dalam Pengawasan

C.    Kebijakan dalam Bidang Pendidikan

BAB III DESKRIPSI PROGRAM PENGAWASAN

A.    Program Penilaian

B.     Program Pembinaan

1. Supervisi Akademik

2. Supervisi Manajerial

C. Program Pemantauan

BAB IV PENUTUP

           

Isi atau uraian sistematika di atas, adalah sebagai berikut:

Latar belakang, berisi uraian tentang: (1) kondisi pendidikan yang diungkapkan dalam indikator-indikator pencapaian mutu pendidikan di wilayah kerja Dinas Pendidikan setempat; (2) harapan tentang peningkatan mutu pendidikan yang ingin dicapai pada satu tahun berikutnya; serta (3) masalah-masalah yang mungkin timbul dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang dapat dipecahkan melalui kegiatan pengawasan sekolah.

Landasan hukum, berisi uraian tentang Undang-undang, peraturan pemerintah pusat, serta peraturan pemerintah daerah yang relevan sehingga dapat dijadian acuan pelaksanaan kegiatan pengawasan sekolah.

Visi dan misi, memuat rumusan tentang: (1) visi pengawasan yang merupakan penjabaran visi Dinas Pendidikan setempat yang relevan dengan tugas pokok dan fungsi pengawas sekolah; (2) misi pengawasan sebagai acuan pelaksanaan kegiatan pengawasan; serta (3) strategi pengawasan yang akan diterapkan dalam melaksanakan kegiatan pengawasan.

Tujuan, berisi uraian tujuan dan sasaran spesifik yang ingin dicapai melalui kegiatan pengawasan selama satu tahun. Tercapainya tujuan tersebut merupakan indikator keterlaksanaan misi pengawasan dan ketercapaian visi pengawasan.

Ruang lingkup, memuat uraian tentang lingkup kegiatan pengawasan yang dijadikan dasar dalam menyusun program kerja pengawasan selama satu tahun. Ruang lingkup pengawasan disusun dalam skala prioritas berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan sebelumnya.

Deskripsi hasil pengawasan berisi uraian tentang hasil yang telah dicapai dalam kegiatan pengawasan tahun sebelumnya mencakup: (1) hasil penilaian, (2) hasil pembinaan, dan (3) hasil pemantauan terhadap setiap komponen pendidikan pada semua sekolah binaan. Deskripsi hasil pengawasan dinyatakan secara kuantitatif ataupun kualitatif sesuai dengan sasaran program.

Permasalahan Berisi uraian tentang sejumlah masalah atau kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengawasan sekolah tahun sebelumnya meliputi masalah dan kendala dalam melaksanakan penilaian, pembinaan, serta pemantauan. Masalah tersebut selanjutnya ditetapkan sebagai aspek-aspek yang harus dipecahkan melalui kegiatan pengawasan pada tahun berikutnya.

Kebijakan dalam pengawasan, Berisi uraian tentang kebijakan-kebijakan di bidang pendidikan baik itu yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat atau pemerintah daerah yang relevan dengan kegiatan pengawasan sekolah. Uraian tersebut merupakan hasil analisis terhadap landasan (dasar hukum) serta isu-isu pendidikan yang berkembang baik di tingkat pusat ataupun di daerah.

Bab II, berisi tentang hasil pengawasan periode sebelumnya, permasalahan yang mengemuka, serta kebijakan-kebijakan yang relevan dengan pendidikan di wilayah binaan pengawas.

 Bab III, berisi deskripsi program, yang meliputi: penilaian, pembinaan atau supervisi baik dalam bidang akademik maupun manajerial, dan program pemantauan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.    Program Pengawasan Sementer

 

Program pengawasan semester mencakup rincian teknis kegiatan yang akan dilakukan pengawas sekolah pada setiap sekolah binaan. Kegiatan tersebut diarahkan untuk meningkatkan kualitas input, proses, dan hasil pendidikan pada setiap sekolah binaannya dalam jangka pendek (selama satu semester). Untuk kepentingan praktis, program pengawasan semester dapat disusun dalam bentuk matrik kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pengawas pada setiap sekolah binaannya.

Substansi yang dikembangkan dalam program pengawasan semester meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

1.        Identifikasi masalah yang dihadapi oleh sekolah binaan serta upaya pemecahannya. Atas dasar masalahan tersebut, ditetapkan tujuan spesifik kegiatan pengawasan yang sejalan dengan visi dan misi sekolah binaan.

2.        Sasaran pengawasan yaitu komponen sistem pendidikan di sekolah yang dianggap paling penting mendapatkan perhatian khusus berdasarkan hasil pengawasan pada tahun sebelumnya serta hasil indentifikasi masalah yang telah ditetapkan.

3.        Deskripsi kegiatan meliputi jenis kegiatan, metode kerja/teknik yang akan digunakan, serta langkah-langkah pelaksanaan kegiatan pengawasan.

4.        Jadwal/waktu pelaksanaan kegiatan, dapat disusun dalam format time schedule tersendiri untuk semua sekolah binaan.


 

PROGRAM PENGAWASAN SEMESTER

Sekolah                        : .....................................................................

Kepala sekolah           : .....................................................................

Alamat                         : .....................................................................

Pengawas sekolah                    : ........................................................

Tahun Pelajaran                      : ........../..........

Semester                                    : Ganjil/Genap

 

A.     Visi dam Misi Sekolah Binaan

..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 

B.     Identifikasi Masalah (yang harus dipecahkan melalui kegiatan pengawasan sekolah)

1.       .................................................................................

2.       ................................................................................. dst.

 

C.     Deskripsi Kegiatan

        No.

Tujuan

Sasaran

Indikator Keberhasilan

Deskripsi Kegiatan

(Metode keja/Teknik)

Waktu

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JADWAL KEGIATAN PENGAWASAN SEMESTER

Sekolah                        : .....................................................................

Kepala sekolah           : .....................................................................

Alamat                         : ......................................................................

Pengawas sekolah                    : ........................................................

Tahun Pelajaran                      : ........../..........

Semester                                    : Ganjil/Genap

 

No.

Kegiatan

Bulan / Minggu ke

Juli

Agustus

September

Oktober

Nopember

Desember

I

II

III

IV

I

II

III

IV

I

II

III

IV

I

II

III

IV

I

II

III

IV

I

II

III

IV

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM KEPENGAWASAN

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN/ KOTA:

TAHUN PELAJARAN :

 

 

 

Nama Pengawas Sekolah           :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

N I P                                                :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pangkat/Ruang/Gol                     :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Pengawasan                         :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Semester                                         :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                                                                               

 

 

 

 

Jadwal Kegiatan

 

 

 

 

 

 

No

Materi Kegiatan

Teknik/Uraian Kegiatan

Sasaran

Juli

Agustus

September

dst

Keterangan

 

 

 

 

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

 

 

 

 

 

 

1

2

3

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

1

Menyusun program tahunan pengawas SMA se Kab./kota

Mengadakan diskusi dengan sesama pengawas, menganalisis laporan evaluasi hasil pengawasan yang lalu

Tersusunnya program tahunan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Menyusun program semester 1 Tahun Pelajaran 2009/2010 merujuk pada delapan standar nasional pendidikan

Menentukan prioritas program kegiatan berdasarkan hari efektif belajar/beban belajar (standar isi)

Tersusunnya program semester yang komprehensif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Membina kepala sekolah dalam penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) dan Administrasi sekolah

Memberi arahan pada kepala sekolah dalam penyusunan rencana kerja sekolah sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah yang bersangkutan

 Tersusunnya Renstra dan Renop sekolah serta KTSP semester ybs.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Memberikan contoh pelaksanaan tugas guru dalam mengajar sesuai dengan standar proses dan IPKG

Kunjungan kelas
Temu wicara dengan guru yang bersangkutan rapat guru/ MGMP

Terlaksana

nya standar proses dan pelaksanaan pembelajaran mengacu pada IPKG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Melaksanakan penilaian pengolahan dan analisis data hasil belajar dan kemampuan guru (IPKG)

observasi ke MGMP

Sampel beberapa guru dari sekolah binaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Mengumpulkan dan mengolah data sumber daya pendidikan proses belajar-mengajar/ di lingkungan sekolah yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa

Observasi
Monitoring
Wawancara
daftar isian

Tersedianya data sumberdaya pendidikan, proses belajar-mengajardan lingkungan Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Melaksanakan analisis konprehensif hasil belajar/ bimbingan siswa dengan cara memperhitungkan beberapa faktor sumber daya sekolah dan kemampuan guru .

Studi dokumen
Menganalisis data hasil belajar/ bimbingan siswa
Mengolah dan menyimpulkan

Termasuk data hasil belajar/ bimbingan siswa untuk SMA Negeri dan swasta-swasta di Kab. Bandung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

Melaksanakan pembinaan guru dan tenaga lainnya di Sekolah tentang pelaksanaan PBM .

Kunjungan kelas
Rapat guru/ MGMP matematika
diskusi

Kompetensi guru meningkat
Keadaan guru lebih baik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

Mebimbing guru dalam menyusun Silabus dan RPP

(Standar Proses)

Kunjungan kelas
Temu wicara dengan guru yang bersangkutan rapat guru/ MGMP

Kompetensi dan kesadaran guru yang dalam menyusun silabus dan melaksanakannya meningkat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

Memberikan saran kepada kepala sekolah /MKKS, Dinas Pendidikan, LPMP, PPPPTK, LPTK terkait untuk meningkatakan kemampuan profesional guru melalui kegiatan PTK

Merumuskan saran-saran berdasarkan hasil observasi kelas/ supervise klinis

Adanya paradigma baru dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran melalui PTK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

Membina pelaksanaan dan pemeliharaan lingkungan Sekolah

(Standar Sarana Prasarana)

Mengarahkan tentang fungsi dan peran lingkungan dan sarana prasarana sekolah.

Lingkungan nyaman, indah, dan tenang untuk belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

Menyusun laporan hasil pengawasan Sekolah per Sekolah

menganalisis daftar isian dan catatan hasil pengawasan masing-masing sekolah

Tersusunnya laporan hasil pengawas Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13

Sosialisasi & pembinaan pelaksanaan delapan standar nasional pendidikan

Rapat dengan K3S

Pelaksanaan delapan standar nasional berjalan sesuai dengan target-target dan program masing-masing sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

Pemantauan Pelaksanaan Standar Proses

Diskusi dengan kelompok guru rumpun MIPA

Pelaksanaan pembelajaran sesuai silabus dan RPP berjalan efektif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15

Memantau dan membimbing dan program tindak lanjut pelaksanaan UN dan US

Monitoring
Supervisi
pendataan nilai UN dan US, Pemberian saran tindak lanjut

Pelaksanaan oleh sekolah sesuai dengan SOP & program tindak lanjut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16

Memberikan saran penyelesaian kasus khusus di sekolah

Diskusi
Kunjungan khusus

Mengatasi yang bermasalah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

17

Memberikan bahan penilaian dalam rangka akreditasi sekolah yang disesuaikan dengan Delapan Standar Nasional

Monitoring
Pembinaan
pendataan

Sekolah yang ditunjuk untuk akreditasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18

Melaksanakan evaluasi hasil pengawasan per mata pelajaran dari seluruh Sekolah

Menyusun dan menganalisis catatan hasil pengawasan mata pelajaran

Tersusunnya laporan hasil pengawasan per mata pelajaran dari seluruh sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM TAHUNAN PENGAWAS SEKOLAH

 

Nama Pengawas                             :

 

NIP                                                    :

 

Pangkat Gol/Ruang                       :

 

Jenis Pengawasan                           :

 

Semester/Tahun Pelajaran           :

 

                                 

 

 

 

 

Jadwal Kegiatan

Ket

No

Materi Kegiatan

Sasaran

Target yang Diharapkan

Jul-09

Agust-09

Sep-09

Okt-09

Nop-09

Des-09

 

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

 

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

1

Menyu-sun prog ram Tahunan
Tahun Pelajaran 2009/

2010

Mengadakan diskusi dengan sesama pengawas, menganalisis laporan evaluasi hasil pengawasan tahun lalu

Tersusunnya program tahunan tahun ajaran 2009-2010

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Monitoring dan Pembinaan Siswa Baru

Pedoman Penerimaan Siswa Baru

Tersusunnya program semester yang komprehensif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Supervisi profil Sekolah awal tahun ajaran dalam tugas pengawas pembina

Mengetahu secara objektif kondisi akademik dan non akademik awal tahun peajaran disekolah binaan (entry behaviour)

Dapat diketahui kondisi awal setiap sekolah untuk menentukan strategi pelaksaan pembinaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Supervisi rapat ker ja kegiatan awal tahun dalam penyusunan RPS  Silabus  KTSP dan RAPBS

Pembagian tugas guru mata pelajaran konsolidasi program sekolah

Tersusunnya RPS, RAPBS dan KTSP tepat waktu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Melaksanakan penilaian, pe ngolahan dan analisis data hasil belajar dan kemam puan guru

Kunjungan, observasi ke MGMP sekolah dan Kabupaten

Kelas 1 SLTP Negeri/ swasta di Kab.  …..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Mengumpulkan dan mengolah data sumber daya pendidikan/ PBM di lingkungan sekolah yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa

Observasi
Monitoring
Wawancara
daftar isian

Tersedianya data sumberdaya pendidikan, proses belajar-mengajar dan lingkung an Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Melaksanakan analisis konprehensif hasil bela jar/ bim bingan siswa de ngan cara memperhitung

kan beberapa fak tor sumberdaya pendidikan, kemampuan guru dan hasil belajar

Studi dokumen, menganalisis data hasil belajar/ bimbingan siswa.Mengolah dan menyimpulkan

Termasuk data hasil belajar/ bim bingan siswa untuk SLTP Negeri dan swasta-swasta di Kab. …….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

Melaksanakan pembinaan guru dan tena ga lainnya di Sekolah tentang pelaksanaan KBM .

Kunjungan kelas
Rapat guru/ MGMP
diskusi

Kompetensi guru meningkat
Keadaan guru lebih baik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

Memberikan contoh pelaksanaan tugas guru dalam mengajar (CTL)

Kunjungan kelas
Temu wicara dengan guru yang bersangkutan rapat guru/ Mgmp

Kompetensi dan kesadaran guru yang lebih meningkat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

Memberikan saran kepada lemba ga terkait untuk meningkatkan kemampuan profesional guru

Merumuskan saran-saran berdasarkan hasil pengawasan

Adanya paradigma baru dalam upaya peningkatan mutu pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

membina pelaksanaan dan pemeliharaan lingkungan Sekolah

Mengarahkan tentang fungsi dan peran lingkungan dan saran

Lingkungan nyaman, indah, dan tenang untuk belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

Menyusun laporan hasil pengawasan Sekolah per Sekolah

menganalisis daftar isian dan catatan hasil pengawasan masing-masing sekolah

Tersusunnya laporan hasil pengawas Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13

Melaksanakan evaluasi hasil pengawasan seluruh sekolah

Menganalisis daftar isian dan catatan hasil pengawasan seluruh Sekolah

Tersusunnya sebuah laporan evaluasi pengawasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

Pembinaan pelaksanaan Sekolah

Rapat K3S monitoring manajemen Sekolah

Manajemen sekolah lebih baik lagi (Pelaksanaan MBS)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15

Memantau dan membimbing pelaksanaan PSB

Monitoring/ supervisi
Daftar isian

Penerimaan siswa baru sesuai aturan/ kena sasaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16

Memantau dan membimbing pe laksana anUN/US

Monitoring
Supervisi
pendataan

Aman tertib tercapai target yang di tentukan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

17

Memberikan

saran penyelesaian

kasus khusus di sekolah

Diskusi
Kunjungan khusus

Mengatasi yang bermasalah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18

Memberikan bahan penilaian dalam rangka akreditasi sekolah

Monitoring
Pembinaan dan simulasi

Sekolah yang ditunjuk untuk akreditasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

19

Melaksanakan evaluasi hasil pengawasan per mata pelajaran dari seluruh sekolah

Menyusun dan menganalisis catatan hasil pengawasan rumpun mata pelajaran

Tersusunnya laporan hasil pengawasan per mata pelajaran dari seluruh sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM KERJA KEPENGAWASAN SMP/SMA/RUMPUN/MAPEL

 

Kompetensi Akedemik

Pengawas SMP/SMA*

Sasaran/

Tujuan Supervisi

Kegiatan yang Dilakukan (memantau/menilai/membina/membimbing/mengawasi)

Metode/Teknik

Supervisi

Indikator

Keberhasilan

Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap mapel dlm rumpun mapel yg relevan di sekolah menengah yg sejenis

Membantu guru dlm meningkatkan kualitas penguasaan materi pembelajaran sesuai mapel yg diampu

1.    Membimbing guru dlm menentukan materi pembelajaran

2.    Membimbing penguasaan guru dlm penguasaan konsep, prinsip, karakteristik materi pembelajaran

Pengamatan dan wawancara thd penguasaan materi pembelajaran guru.

 

1.   Tingginya penguasaan materi pembelajaran guru

2.   Tingginya kemampuan guru dlm menentukan gradasi materi pembel

Memahami konsep, prinsip, teori/ teknologi, karakteristik, kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/ bimbingan tiap mapel dlm rumpun mapel yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.

Membantu guru dlm meningkatkan kualitas proses pembelajaran sesuai mapel yg diampu

1.      Memantau guru saat mengajar di kelas

2.      Menilai guru saat mengajar di kelas

3.      Membina/membimbing pengelolaan kelas guru berdasarkanhasil pengamatan saat mengajar di kelas

Pengamatan perilaku guru saat mengajar dengan instrumen Sup KBM.

 

1.     Tingginya aktivitas belajar siswa

2.     Semakin tingginya kualitas proses pembelajaran guru di kelas

 

Membimbing guru dlm menyusun silabus tiap mapel dalam rumpun mapel yg relevan di sekolah menengah yang sejenis berlandaskan standar isi, standar kompetensi, dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP

Membantu guru dlm menyusun silabus sesuai mapel yg diampu

1.    Membimbing guru dlm pemetaan SK/KD

2.    Membimbing guru dlm pemetaan pembelajaran terpadu mapel IPA, IPS

3.    Membimbing guru dlm mengembangkan indikator

4.    Membimbing guru dalam pengembangan silabus

 

 

 

1.   Pengamatan perilaku guru saat menyusun silabus

2.   Wawancara dg guru saat saat menyusun silabus

1.   Tingginya kemampuan guru dlm memetakan SK,KD, memadukan mapel IPA,IPS

2.   Tingginya kualitas silabus hasil penyusunan guru

 

Membimbing guru dlm memilih dan menggunakan strategi/metode/teknik pembelajaran/bimbingan yang dpt mengembangkan berbagai potensi siswa melalui mapel dlm rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.

Membantu guru dlm meningkatkan kualitas pemilihan dan penggunaan strategi/metode/teknik pembelajaran

1.    Memantau guru dlm proses pembelajaran di kelas

2.    Membimbing guru dlmmemilih strategi/metode/teknik pembelajaran

3.    Membimbing guru dlm menggunakan strategi/metode/teknik scr tepat dlm proses pembelajara

1.     Wawancara & tanya jawab dg guru ketika memilih strategi/metode /teknik pembelajaran

2.     Pengamatan terhadap guru dlm PBM di kelas

1.     Terampilnya guru dlm memilih strategi/metode/ teknik pembelajaran

2.     Terampilnya guru dlm menggunakan strategi/metode/teknik pembelajaran

Membimbing guru dlm menyusun RPP untuk tiap mapel dalam rumpun mapel yg relevan di sekolah menengah yang sejenis

Membantu guru dlm menyusun RPP sesuai mapel yg diampu

1.    Membimbing guru dlm perumusan tujuan

2.    Membimbing guru dlm penyusunan kegiatan pembelajaran (awal, inti, akhir)

3.    Membimbing guru dlm penyusunan soal evaluasi

4.    Membimbing guru dlm pengembangan RPP

 Pengamatan & wawancara dg guru ketika menyusun silabus

Terampilnya guru dlm merumuskan tujuan, menyusun soal evaluasi, dan menyusun silabus scr keseluruhan

 

Membimbing guru dlm melaksanakan pembelajaran/bimbingan (di kelas, lab, atau lapangan) untuk tiap mapel dlm rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.

Membantu guru dlm pengelolaan kelas (di kelas, lab,/ lapangan) saat melaksanakan pembelajaran

1.   Memantau/menilai/ membina/membimbing guru dlm mengelola kelas

2.   Memantau/menilai/ membina/membimbing guru dlm mengunakaan sarana pembelajaran

3.    Membimbing guru dlmp mengelola administrasi sarana pembelajaran (lab, perpus, ruang kelas, lapangan)

Pengamatan dan wawancara dg guru dlm hal penggunaan dan pengadministrasian sara pembelajaran

Tingginya kualitas guru dlm penggunaan dan pengadministrasian sara pembelajaran

Membimbing guru dlm mengelola, merawat, mengembangkan, dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/bimbingan tiap mapel dlm rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.

Membantu guru dlm mengelola, merawat, mengembangkan, dan menggunakan media pendidikan, serta fasilitas pembelajaran

1.    Memantau, dan membimbing guru dlm pengelolaan pengembangan dan penggunaan media pendidikan, dan fasilitas pembelajaran

 

Pengamatan dan wawancara dg guru dlm hal pengelolaan pengembangan, penggunaan media, dan fasilitas pembelajaran

Tingginya kualitas guru dlm mengelola, mengembangkan, menggunakan media, dan fasilitas pembelajaran

Memotivasi guru untuk memanfaatkan TIK dlm pembelajaran/bimbingan tiap mapel dlm rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.

Membantu guru dalam memanfaatkan TIK dlm pembelajaran

1.    Memantau dan menilai kemampuan guru dlm pemakaian TIK saat pembelajaran.

2.    Membimbing guru dlm pemanfaatan TIK dlm proses pembelajaran

 

Pengamatan, wawancara dan pelatihan guru dlm memanfaatkan TIK dlm pembelajaran

Tingginya kualitas guru memanfaatkan TK dlm pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM KERJA KEPENGAWASAN SMP/SMA/RUMPUN/MAPEL

 

Kompetensi Akedemik

Pengawas SMP/SMA*

Sasaran/

Tujuan Supervisi

Kegiatan yang Dilakukan (memantau/menilai/membina/membimbing/mengawasi)

Metode/Teknik

Supervisi

Indikator

Keberhasilan

Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap mapel dlm rumpun mapel yg relevan di sekolah menengah yg sejenis

Membantu guru dlm meningkatkan kualitas penguasaan materi pembelajaran sesuai mapel yg diampu

1.    Membimbing guru dlm menentukan materi pembelajaran

2.    Membimbing penguasaan guru dlm penguasaan konsep, prinsip, karakteristik materi pembelajaran

1.    Pengamatan dan wawancara thd penguasaan materi pembelajaran guru.

 

1.    Tingginya penguasaan materi pembelajaran guru 

2.    Tingginya kemampuan guru dlm menentukan gradasi materi pembel

Memahami konsep, prinsip, teori/ teknologi, karakteristik, kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/ bimbingan tiap mapel dlm rumpun mapel yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.

Membantu guru dlm meningkatkan kualitas proses pembelajaran sesuai mapel yg diampu

1.      Memantau guru saat mengajar di kelas

2.      Menilai guru saat mengajar di kelas

3.      Membina/membimbing pengelolaan kelas guru berdasarkanhasil pengamatan saat mengajar di kelas

1.      Pengamatan perilaku guru saat mengajar dengan instrumen Sup KBM.

 

1.      Tingginya aktivitas belajar siswa

2.      Semakin tingginya kualitas proses pembelajaran guru di kelas

 

Membimbing guru dlm menyusun silabus tiap mapel dalam rumpun mapel yg relevan di sekolah menengah yang sejenis berlandaskan standar isi, standar kompetensi, dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP

Membantu guru dlm menyusun silabus sesuai mapel yg diampu

1.    Membimbing guru dlm pemetaan SK/KD

2.    Membimbing guru dlm pemetaan pembelajaran terpadu mapel IPA, IPS

3.    Membimbing guru dlm mengembangkan indikator

4.    Membimbing guru dalam pengembangan silabus

1.    Pengamatan perilaku guru saat menyusun silabus

2.    Wawancara dg guru saat saat menyusun silabus

1.    Tingginya kemampuan guru dlm memetakan SK,KD, memadukan mapel IPA,IPS

2.    Tingginya kualitas silabus hasil penyusunan guru

 

Membimbing guru dlm memilih dan menggunakan strategi/metode/teknik pembelajaran/bimbingan yang dpt mengembangkan berbagai potensi siswa melalui mapel dlm rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.

Membantu guru dlm meningkatkan kualitas pemilihan dan penggunaan strategi/metode/teknik pembelajaran

1.    Memantau guru dlm proses pembelajaran di kelas

2.    Membimbing guru dlmmemilih strategi/metode/teknik pembelajaran

3.    Membimbing guru dlm menggunakan strategi/metode/teknik scr tepat dlm proses pembelajara

1.      Wawancara & tanya jawab dg guru ketika memilih strategi/metode /teknik pembelajaran

2.      Pengamatan terhadap guru dlm PBM di kelas

1.      Terampilnya guru dlm memilih strategi/metode/ teknik pembelajaran

2.      Terampilnya guru dlm menggunakan strategi/metode/teknik pembelajaran

Membimbing guru dlm menyusun RPP untuk tiap mapel dalam rumpun mapel yg relevan di sekolah menengah yang sejenis

Membantu guru dlm menyusun RPP sesuai mapel yg diampu

1.    Membimbing guru dlm perumusan tujuan

2.    Membimbing guru dlm penyusunan kegiatan pembelajaran (awal, inti, akhir)

3.    Membimbing guru dlm penyusunan soal evaluasi

4.    Membimbing guru dlm pengembangan RPP

 Pengamatan & wawancara dg guru ketika menyusun silabus

Terampilnya guru dlm merumuskan tujuan, menyusun soal evaluasi, dan menyusun silabus scr keseluruhan

 

Membimbing guru dlm melaksanakan pembelajaran/bimbingan (di kelas, lab, atau lapangan) untuk tiap mapel dlm rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.

Membantu guru dlm pengelolaan kelas (di kelas, lab,/ lapangan) saat melaksanakan pembelajaran

1.    Memantau/menilai/ membina/ membimbing guru dlm mengelola kelas

2.    Memantau/menilai/ membina/ membimbing guru dlm mengunakaan sarana pembelajaran

3.    Membimbing guru dlmp mengelola administrasi sarana pembelajaran (lab, perpus, ruang kelas, lapangan)

Pengamatan dan wawancara dg guru dlm hal penggunaan dan pengadministrasian sara pembelajaran

Tingginya kualitas guru dlm penggunaan dan pengadministrasian sara pembelajaran

Membimbing guru dlm mengelola, merawat, mengembangkan, dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/bimbingan tiap mapel dlm rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.

Membantu guru dlm mengelola, merawat, mengembangkan, dan menggunakan media pendidikan, serta fasilitas pembelajaran

1.    Memantau, dan membimbing guru dlm pengelolaan pengembangan dan penggunaan media pendidikan, dan fasilitas pembelajaran

 

Pengamatan dan wawancara dg guru dlm hal pengelolaan pengembangan, penggunaan media, dan fasilitas pembelajaran

Tingginya kualitas guru dlm mengelola, mengembangkan, menggunakan media, dan fasilitas pembelajaran

Memotivasi guru untuk memanfaatkan TIK dlm pembelajaran/bimbingan tiap mapel dlm rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.

Membantu guru dalam memanfaatkan TIK dlm pembelajaran

1.    Memantau dan menilai kemampuan guru dlm pemakaian TIK saat pembelajaran.

2.    Membimbing guru dlm pemanfaatan TIK dlm proses pembelajaran

Pengamatan, wawancara dan pelatihan guru dlm memanfaatkan TIK dlm pembelajaran

Tingginya kualitas guru memanfaatkan TK dlm pembelajaran

 

 

 

 

 

 

Matriks Format Program Kepengawasan

No

Program dan Rincian Tugas

Sasaran/

Tujuan Supervisi

Kegiatan yang dilakukan

Hasil yang Akan Diperoleh

Metode/

Teknik Supervisi

Indikator Keberhasilan

Jadwal Kerja

A

Supervisi manajerial

 

 

 

 

 

 

1. Pembinaan standar pengelolaan: Penyusunan Rencana pengembangan Sekolah, dst.

 

 

 

 

 

 

2. dst

 

 

 

 

 

 

B

Supervisi Akademik

 

 

 

 

 

 

1. Pembinaan standar proses: penyusunan dan pengembangan silabus, RPP, KKM dst

 

 

 

 

 

 

2. dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar