LEMBAR SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : .........................................
Har/Tanggal : ......................
Nama Guru :
......................................... Jam ke : ......................
Mata Pelajaran : .........................................
Kelas/Semester : .....................
Kompetensi Dasar :
...........................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
NO |
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI |
SKOR |
|
|
|
I |
PRAPEMBELAJARAN |
|
1. |
Memeriksa kesiapan
siswa |
1 2 3 4
5 |
2. |
Melakukan
kegiatan apersepsi |
1
2 3 4 5 |
|
|
|
II |
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN |
|
A. |
Penguasaan materi pelajaran |
|
3. |
Menunjukkan
penguasaan materi pembelajaran |
1
2 3 4 5 |
4. |
Mengaitkan
materi dengan pengetahuan lain yang relevan |
1
2 3 4 5 |
5. |
Menyampaikan
materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki belajar |
1
2 3 4 5 |
6. |
Mengaitkan
materi dengan realitas kehidupan |
1
2 3 4 5 |
|
|
|
B. |
Pendekatan/strategi pembelajaran |
|
7. |
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai |
1
2 3 4 5 |
8. |
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut |
1
2 3 4 5 |
9. |
Menguasai
kelas |
1
2 3 4 5 |
10. |
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual |
1
2 3 4 5 |
11. |
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif |
1
2 3 4 5 |
12. |
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan |
1
2 3 4 5 |
|
|
|
C. |
Pemanfaatan sumber belajar /media
pembelajaran |
|
13. |
Menggunakan
media secara efektif dan efisien |
1
2 3 4 5 |
14. |
Menghasilkan
pesan yang menarik |
1
2 3 4 5 |
15. |
Melibatkan
siswa dalam pemanfaatan media |
1
2 3 4 5 |
|
|
|
D. |
Pembelajaran yang memicu dan
memelihara keterlibatan siswa |
|
16. |
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran |
1
2 3 4 5 |
17. |
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respons siswa |
1
2 3 4 5 |
18. |
Menumbuhkan
keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar |
1
2 3 4 5 |
|
|
|
E. |
Penilaian proses dan hasil belajar |
|
19. |
Memantau
kemajuan belajar selama proses |
1
2 3 4 5 |
20. |
Melakukan
penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan) |
1
2 3 4 5 |
|
|
|
F. |
Penggunaan bahasa |
|
21. |
Menggunakan
bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar |
1
2 3 4 5 |
22. |
Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai |
1
2 3 4 5 |
|
|
|
III |
PENUTUP |
|
23. |
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa |
1
2 3 4 5 |
24. |
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan
arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan |
1
2 3 4 5 |
|
Total Skor |
|
Kesimpulan : .......................................................................................................
.......................................................................................................
.......................................................................................................
Saran :
.......................................................................................................
.......................................................................................................
.......................................................................................................
.......................................................................................................
Guru Mata Pelajaran
......................... ....................................................... NIP |
|
Mojokerto, Pengawas Drs. MOH TAUFIK SASMITO ADI NIP 19660717
200501 1 011 |
Mengetahui
Kepala .........................................
.....................................................
NIP................................................
Nilai =
Tidak ada komentar:
Posting Komentar